Blogger Widgets "Catatan Duniaku": Proses terbentuknya dunia dan kepulauan Indonesia

Selasa, 26 Agustus 2014

Proses terbentuknya dunia dan kepulauan Indonesia

Dunia atau alam semesta merupakan suatu ruangan yang sangat luas, bahkan kita tidak bisa membayangkankan apalagi mengukur luasnya alam semesta ini. Bumi merpakan bagian dari alam semesta yang dulunya dikenal dengan massa daratan ( Pangea ) yang kemudian terbelah menjadi dua yaitu Laurasia dan Gondwana. Bumi terbentuk dari beberapa lapisan penyusun bumi, bahan-bahan material pembentuk bumi, serta kekayaan alam yang ada di dalamnya,. Bentuk permukaan bumi berbeda-beda mulai dari daratan, lautan, pegunungan, perbukitan, danau, lembah dan sebagainya. Bumi tidak diam melainkan berputar pada porosnya ( Rotasi ) dan mengelilingi matahari yang merupakan pusat sistem tata surya ( Revolusi ) hal tersebut mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Oleh sebab itu proses terbentuknya bumi tidak terlepas dari proses terbentuknya tata surya. Ada 3 teori besar proses terbentuknya dunia yaitu :

1. Teori Big Bang Big Bang
(terjemahan bebas: Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar) dalam kosmologi adalah salah satu teori ilmu pengetahuan yang menjelaskan perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta ini berasal dari kondisi super padat dan panas, yang kemudian mengembang sekitar 6 Milyar yang lalu. Para ilmuwan juga percaya bawa Big Bang membentuk sistem tata surya. Ide sentral dari teori ini adalah bahwa teori relativitas umum dapat dikombinasikan dengan hasil pemantauan dalam skala besar pada pergerakan galaksi terhadap satu sama lain, dan meramalkan bahwa suatu saat alam semesta akan kembali atau terus. Konsekuensi alami dari Teori Big Bang yaitu pada masa lampau alam semesta punya suhu yang jauh lebih tinggi dan kerapatan yang jauh lebih tinggi. Pada tahun 1929 Astronom Amerika Serikat, Edwin Hubble melakukan observasi dan melihat Galaksi yang jauh dan bergerak selalu menjauhi kita dengan kecepatan yang tinggi. Ia juga melihat jarak antara Galaksi-galaksi bertambah setiap saat. Penemuan Hubble ini menunjukkan bahwa Alam Semesta kita tidaklah statis seperti yang dipercaya sejak lama, namun bergerak mengembang. Kemudian ini menimbulkan suatu perkiraan bahwa Alam Semesta bermula dari pengembangan di masa lampau yang dinamakan Dentuman Besar. Berdasarkan teori Big Bang, alam semesta ini terbentuk dari ledakan mahadasyat yang terjadi sekitar 6 milyar tahun lalu. Ledakan tersebut berawal dari materi yang terbentuk kemudian terpadatkan menjadi setitik massa dengaan suhu dan tekanan yang sangat tinggi sehingga kemudian meledak. Ledakan mahadahsyat ini melontarkan materi dalam jumlah sangat besar ke segala penjuru alam semesta.Setelah mendingin dalam perjalanan waktu, serpihan materi-materi ini kemudian mengisi alam semesta dalam bentuk bintang, planet, debu kosmis, asteroid/komet, energi, dan partikel lainnya di alam semesta ini dengan susunan yang rapi dan teratur pada orbitnya masing-masing.

 2. Teori Kabut Nabula
Sejak jaman sebelum Masehi, para ahli telah memikirkan proses terjadinya Bumi. Salah satunya adalah teori kabut (nebula) yang dikemukakan oleh Immanuel Kant (1755) dan Piere De Laplace(1796). Mereka terkenal dengan Teori Kabut Kant-Laplace. Dalam teori ini dikemukakan bahwa di jagat raya terdapat gas yang kemudian berkumpul menjadi kabut (nebula). Gaya tarik-menarik antar gas ini membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat. Dalam proses perputaran yang sangat cepat ini, materi kabut bagian khatulistiwa terlempar memisah dan memadat (karena pendinginan). Bagian yang terlempar inilah yang kemudian menjadi planet-planet dalam tata surya.Teori nebula ini terdiri dari beberapa tahap,yaitu
 • Matahari dan planet-planet lainnya masih berbentuk gas, kabut yang begitu pekat dan besar.
• Kabut tersebut berputar dan berpilin dengan kuat, dimana pemadatan terjadi di pusat lingkaran yang kemudian membentuk matahari. Pada saat yang bersamaan materi lainpun terbentuk menjadi massa yang lebih kecil dari matahari yang disebut sebagai planet, bergerak mengelilingi matahari.
 • Materi-materi tersebut tumbuh makin besar dan terus melakukan gerakan secara teratur mengelilingi matahari dalam satu orbit yang tetap dan membentuk Susunan Keluarga Matahari.

3. Teori Bintang Kembar
Teori ini dikemukakan oleh seorang ahli Astronomi R.A Lyttleton. Menurut teori ini, galaksi berasal dari kombinasi bintang kembar. Salah satu bintang meledak sehingga banyak material yang terlempar. Karena bintang yang tidak meledak mempunyai gaya gravitasi yang masih kuat, maka sebaran pecahan ledakan bintang tersebut mengelilingi bintang yang tidak meledak itu. Bintang yang tidak meledak itu sekarang disebut dengan matahari, sedangkan pecahan bintang yang lain adalah planet-planet yang mengelilinginya.

SELAMAT BELAJAR BUAT KITA SEMUA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar